Prens, deen dah pindah rumah loh, pindah ke http://deen.co.nr

Sinetron buat anak2?

Klo sinetron mewabah di kalangan remaja, itu sudah biasa. Tp apa jadinya, klo tayangan yg rata2 berdurasi 1 jam itu mewabahi anak kecil?. Klo sinetron bertema remaja nawarin kisah percintaan ato kisah muda-mudi di skul dgn sgala tetek bengek keceriaannya. Lalu sinetron utk anak kecil nawarin apa y?.. Emang penting gtu anak kecil nonton sinetron?..

Sbg contoh, Heart Series, utk versi filmny, gak jauh2 amat ama filem india Kuch2 Hota Hai..*ehem, yg nonton pilem india*.. yg main storyny tentang cinta segitiga. Lalu gak lama setelah versi filemnya tayang di TV, iklan versi sinetronnya pun tayang. Sy pikir, halah palingan juga sama, yg beda bakal dimolor2in ceritanya, plus iklan yg seabreg, n beberapa konflik si ortunya Rachel, sepupunya Luna, Om-nya Farel *ngarangnya kumat*, n akhirnya lahirlah Heart 1, Heart 2, Heart 3, dll. Pokokny panjang gtu deh..kyk Tersanjung.. :P

Ternyata ngarang sy bener2 ngarang, krn di versi sinetronnya malah nayangin kisah cinta anak kecil. Iya sih, tetep cinta segitiga, tapi guys, dilakoni ma anak kecil.. Dan parahnya, seringkali dalam setting berseragam SD.

Lalu Candy, sy sebenernya bingung abis, ma sinetron ini. Mo dibilang utk dewasa, kykny g deh. Mo dibilang remaja, hemm, yg ngelakonin kok masih imut2 gtu. Mo dibilang utk anak2, malah lebih aneh lagi. Selaen plagiat..(ini mah dah jadi cerita basi, klo sinetron kita suka plagiat), sinetron ini di sisi lain emg memberi pesan moral, ialah Candy sbg anak panti yg penuh semangat dlm memandang hidup, tapi.. kok banyak kejadian2 yg g masuk akal, jual mimpi gtu. Belom lagi kisah asmaranya yg aduhai amit2 utk dinikmati anak2 seumuran tanggung gtu.

Dulu, sy termasuk suka ma sinetron Intan, bisa belajar bagaimana seorang perempuan berusaha bertahan di segala dera cobaan. Walo membatin, emang ada yah cobaan seberuntun yg dialami Intan?. Kok kyknya nelangsa banget, hehehe. Bulan ini, sinetron ini dah masuk di episode 200-an, dan sumpe sy dah gerah abis ma ceritanya yg mulai ilang arah. Asal tayang, krn high rating. Sy gerah dengan lakon anak kecilnya, disitu ada 2 anak perempuan yg saling sirik2an. Sy sedih bgmn si anak antagonis menunjukkan wajah2 super dengki dan siriknya pada si protagonis.. Apa itu yg namany tuntunan peran?. Sy yakin usianya belom mencapai 9 tahun, tapi dari mimik kedengkiannya sdh nunjukin kebencian yg luar biasa. Hiks. Mudah2an dlm kenyataan, tak ada anak2 kecil berwajah seperti itu. Sungguh tak layak seorang anak kecil bermimik benci seperti demikian..:(

Sinetron itu bukan kartun, yg g bisa dinalar dengan logis. Sinetron sejatinya ialah perulangan sejarah2 yang pernah termuat dari kenyataan, visualisasi dari fenomena2 hidup, lalu kemudian diangkat ke layar elektronika dgn menyuguhkan sisi hiburan dan pendidikannya, tentu plus sisi komersilnya..*para produser g mo rugi donk*..

Akan lebih baik jika anak2 kecil memilih tontonan kartun, pikir sy. Itupun dengan dampingan ortu tentunya, kotak ajaib yg sebenernya bisa jadi ladang ilmu, makin ari emang makin ngancem penikmatnya.. Kudu ati-ati..

Labels:

posted by deen @ 6:49 PM,

5 Comments:

At Sun Jun 24, 11:28:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Sinetron Indonesia emang mengkhawatirkan....

 
At Mon Jun 25, 12:23:00 AM, Anonymous Anonymous said...

sa sudah lama putus hubungan dengan sinetron indonesia...(kecuali INTAN karena terpaksa...hahaha)...soale sitkom kita Ndak mendukung UUD45 terutama pembukaannya; mencerdaskan kehidupan bangsa...
seandainya ada alat/cara untuk tidak memasukkan sitkom itu di TV Program di rumahku akan dengan senang hati saya beli, secara saya cuman butuh; news, sport, film saja...
halah...

 
At Mon Jun 25, 12:51:00 AM, Blogger Daeng Ipul said...

sama seperti 2 bapak2 di atas, sy termasuk org yg sangat prihatin melihat sinetron2 Indonesia skrg ini..

betul2 tidak bermutu, kalopun ada yg bermutu paling cuma di episode2 awal, karena tuntutan materi, episodenya diperpanjang sampe ngalor ngidul ndak karuan, ato kalo ada yg bermutu (kayak DTK, sama Kiamat Sudah Dekat) paling cuma sebentar krna ndak laku ato sengaja dibikin ndak laku.

sebenarnya yang bikin sinetron kita makin berantakan itu menurut saya adalah si Punjabi dkk. coba liat, ada ndak produksi mereka yg bisa dibilang berkualitas...?, sebagai bapak dr seorang anak yg msh kecil, sy terus terang prihatin dan sangat prihatin dengan kondisi ini..

mau jadi apa anak2 kita nantinya..?

 
At Mon Jun 25, 09:26:00 PM, Blogger deen said...

@Mb'Mashuri:iya mb, emang bener2 mengkhawatirkan, sdh mendominasi, nihil kualitas pula.. btw, makasih buat linknya..:), dapet ilmu baru lg euy soal persinetronan indonesia yg acakadut.

@daeng Rusle:Intan?, waah sy mi itu yg awal2nya ngebet banget. Mo tau kenapa?..Karena dsitu ada Dude..huwaaa..ngaku2../*cepet2 nutup muka pake buku.
Tp setelah itu, nd mi gang... soalny mulai belajar esensi ini dan itu, dan tampaknya waktuku terlalu berharga utk nonton sinetron2 spt itu. Lebih sedihnya disitu ada 2 anak manis yg saling bmusuhan, hiks, nd tegaka' liat adegan2 macam gtu.

@daeng Ifool:Yah, betol..!.. boikot Punjabi's..sy jg dah gemes liat entu orang, bener2 matrealistik..!.

 
At Mon Jul 02, 11:39:00 PM, Blogger nheenoyz said...

iyah iiiih cocok bener tuh deen, saya juga prihatin liat sinetron indonesia yang makin ari makin kacaw, sekarang anak sd udah di suruh pacaran, besok2 anak orok kali di suruh pacaran heuuuh.....
intan juga tuh bikin ilpil ajah.....makin ga mutu tiap harinya

 

Post a Comment

<< Home