Prens, deen dah pindah rumah loh, pindah ke http://deen.co.nr

Tak ingin menikah..Bolehkah Rabb..??

Semalam, iseng2 sy mencoba menelusuri tiap file2 di partisi si Dell, hingga akhirnya sy menemukan tulisan berikut, sebuah catatan hati..!. Yg sy tulis pd tanggal 31 oktober 2006, tapi tak pernah sy publish skalipun... Sebuah catatan hati yg sadarkan betapa hati pun memiliki pengalaman sendiri, ia tak hanya sekedar bersemayam dalam diri, namun juga ialah teman baik dalam memaknai sgala sesuatu.. :)

******

Sejak kuliah.. dan ketika benar2 mengenal-Nya.. dengan cinta dari orang tua, adik2 plus segenap kasih dari keluarga dan sahabat.. sy merasa bahwa cinta yang melingkari sy begitu sempurna.. Ahh..Rabb..apalagi yang kurang ?, kami saling mencintai karena-Mu..

Dengan cinta itu..sy merasa sgala masalah adalah media sy untuk mendekatkan sy pada cinta2 sy tersebut.. hingga sy merasa bahwa sy-lah manusia paling beruntung.

Dan ketika saat sy masuk ke babak akhir kuliah..satu demi satu..kabar pernikahan sy dapatkan dari beberapa senior, teman seangkatan bahkan tmn2 semasa stm sudah memiliki putra putri… Beberapa celetukan pun sering mengganggu sy.. “Abis wisuda..langsung mo apa deen..??..merit yak??”..”Ntar klo merit undang2 yah deen..”..

Sy cuman bisa menanggapi dengan canda..dan tak ambil serius..buat sy..hidup ke depan masih panjang..dan untuk urusan nikah.. itu belum masuk ke agenda sy.. Agenda ke depan adalah agenda solo… belom ada agenda duet..trio atopun kwartet…:P

“Emangnya muslim itu wajib nikah yah.?.klo g nikah berdosa..??”.. pertanyaan naif..sy sudah tau jawabannya.. tp rasanya masih sungkan dengan perintahNya satu itu..

Reply yg sy terima..

Iya-lah deen..itukan kewajiban..separuh dien kita ada disana..fitrahmupun ada di sana..

Dari sobat laennya..

Deen.. bukankah manusia itu khalifah.. dan khalifah harus terus bergenerasi.. perjuangan di dunia inipun lebih baek disertai dengan seorang teman..

Ahh.. sepertinya begitu sulit menerima itu.. sy masih merasa begitu nyaman dengan status ini.. beberapa tawaran hati yang datang saat lalu dengan santun sy gelengkan kepala.. Bukan jual mahal..tapi sy sendiri susah menawar pada hati ini..

Sy takut dan cemas.. jangan2...

Cinta itu akan menggelapkan zahir hati sy terhadapNya

Cinta itu mampu menyeret sy dalam kedangkalan makna sejati sebuah cinta

Cinta itu melenakan, membudak dan menjauhkan sy dari sayangNya..

Sy benar2 takut....

Sy-pun merasa tak butuh dada untuk menyandarkan hati…karena sajadah sy masih begitu lembut membelai pipi

Sy merasa tak butuh penenang hati .. karena penggalan ayatNya sdh mampu menentramkan badai semesta hati

Sy merasa tak butuh mata teduh.. karena sy sudah cukup puas melihat pagi dari balik jendela rumah atau kantor sy

Sy merasa tak butuh candaan .. karena sy sudah dikelilingi oleh sobat2 yang menyenangkan hati

Sungguh sy merasa tak butuh..

Congkakkah sy..?, salahkah selama ini cara sy mencintaiMu, duhai Rabb pemilik cinta dari sgala cinta..?

Sy juga tak ingin seperti kaum kafirMu.. yang tinggalkan satu hal itu..

Sy juga tak ingin dilaknat oleh Rasul-Mu yang begitu sy cintai karenaMu..

Sy juga tak ingin melihat orang tua sy menangis tak terperi karena tak mampu memegang sy sbg amanah..

Sy juga tak ingin jika hingga akhir hayat sy.. tak ada imam yang mengimami sholat malam sy..

Sy juga tak ingin kehilangan kemuliaan jihad dari menjadi seorang Ibu

Ya Rabb.. jika demikian.. kumohon.. jaga hati ini..agar kecintaanku padaMu terus dan terus bertambah.. Ijinkan hamba memasuki tahap penantian itu, menyiapkan diri dengan sebaik mungkin.. Menjalankan fitrahku sebagai cucu Hawa yang tercipta dari tulang rusuk belahan jiwanya, Adam.

******

/*dgn sedikit pengeditan, ditulis saat mulai terusik dengan istilah WO (Walimah Oriented).. Plis, jangan dikomen aneh2 ya, klo iya awas..! :D

posted by deen @ 6:30 PM,

20 Comments:

At Wed Jul 11, 09:40:00 PM, Blogger chie said...

Aku bingung mo komentar apa heheh.. aku jg gak mau nikah sebenernya..tapi aku sieh mikirnya mungkin karena blum siap aja,, tapi makin kesini ,,makin banyak kenal sama perempuan2 single berumur di atas 40 *maklum turunan china :P*.. aku jadi makin kepengaruh heheh.. aku sieh belum memutuskan mau seperti apa..yah ditunggu sampe keinginan itu datang aja ^ ^

 
At Thu Jul 12, 12:20:00 AM, Blogger why said...

Insya Allah nanti klo qta sdh ketemu sm jodoh-ta yg memang sudah ditetapkan-Nya (ketemu setelah dengan melewati proses mencari tentunya), mungkin keinginan untuk berumah tangga itu akan datang.

Menurutku, nikah itu kebutuhan, kalo soal keinginan mungkin belum ada, tapi kebutuhan memang sudah fitrah kita. N saking Maha Bijak nya Rabb kita, yg sebenarnya kebutuhanpun malah dianjurkan dan berpahala. Kurang apa lagi coba alasan untuk menikah? sudah pada dasarnya kita emang butuh, dianjurkan, berpahala lagi...

 
At Thu Jul 12, 12:54:00 AM, Blogger ipit said...

Ehm.. begini cucuku, menikah itu ibadah( gaya nenek2 nasehatin cucunya) ..*the other side* KAMU HARUS MENIKAH !!! POKOKNYA HARUS ( ini pakai gaya militer)... soalnya udah dipilihin kado yang tepat untuk mu, deen khan sayang kalo gak jadi dikasi ...pernah dengar 1+1=27 ??? nah.. setelah menikah, pahala ibadah itu bisa jadi berlipat ganda .. ex: shalat yang biasanya sendiri jadi bisa berjema'ah ... nah.. gak ada yg kurang kan?? menurut ipit .. menikah "as soon as possible" , Why Not ???? asal ... sudah SIAP untuk itu ... ya Bu.. kapan undangannya nyebar ..tahun ini juga ?? atau tahun depan ???? :)

 
At Thu Jul 12, 01:11:00 AM, Blogger deen said...

@Chie : Klo deen sih bukan krn gaol ma single2 yg berumuran gtu chie, malah gaolny ama mereka yg dah sewot mendadak kyk si Ringgo nanya soal nikah muluuu. Pfiuh..
Dulu emg berat euy sama perkara itu, suatu tahap yg bahkan deen prnh phobia loh, hehehe.. Aneh y?

@Dj Wahyu : Amin2..Nikah itu kebutuhan?..iya dj, akhirnya bs menger, ilmunya lagi diraih neh setaonan ini ;))

@ipit: duh Bu, galak aje, iya2 deen nikah deh..nikah :P, demi hadiah dr ipit sih sbnrnya hehehe, bcanda bu, atut dimiliterin lg..;)
Nybar undangan?..halah, lo wong yg mo nangkring ma nama deen aj msh di negri antah berantah, gmn mo nyebarnya??? :D

 
At Thu Jul 12, 02:08:00 AM, Anonymous Anonymous said...

nice posting mbak..
funny, i used to feel the same way too...msh menikmati menjd "high quality jomblo"..huehehe..
but, inget kt org bijak, "untuk mencintai, hanya butuh keinginan untuk mencintai, sebatas kita mampu"
bila saatny tiba, insyaAllah kita akan benar2 siap..
nway, salam kenal n slm ukhuwah!
cheers :)

 
At Thu Jul 12, 06:07:00 PM, Blogger deen said...

@Mb'Nuni : Hehhee, iya mb, deen bnr2 menikmati masa menjadi high quality jomblo euy, kemandirian itu indah, jomblo itu ternyata nikmat. Tapi emg sih, justru dlm rutinitas indah dan nikmat itu jika tdk disikapi dgn cermat justru bisa membuat kita lalai utk mengingat sbuah keniscayaan. :).
Lam ukhuwah jg dari deen ;)

 
At Thu Jul 12, 08:42:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Menikah dengan tidak menikah memiliki ujian yang berbeda. Namun, menikah itu sunnah yang sangat di anjurkan dengan imbalan telah melaksanakan separo agama. Sementara enggan (membenci?) menikah padahal dia mampu adalah perbuatan makruh secara fikih.

Jadi pilih yang mana mba Deen?

 
At Thu Jul 12, 10:20:00 PM, Blogger chie said...

Nikah itu kebutuhan? mungkin bener..klo kita emang sudah merasa butuh menikah..klo belum gimana? masa mo dipaksa? heheh..jodoh yang udah disiapin yah? aku sendiri gak percaya sama yang namanya jodoh sama soulmate.. klo semuanya masing2 udah ditentuin jodohnya gimana ama perawan tua? heu~

 
At Fri Jul 13, 12:33:00 AM, Blogger deen said...

@P'Mashuri :Pilih jalan ke surga donk pak.. :)

@Chie : Chie, kata orang bijak "Jodoh itu ada di tangan Tuhan".. nah kudu usaha donks biar jodohnya lepas dari tangan Tuhan, klo g y.. di tangan Tuhan trusss.. :D..hehehe

 
At Fri Jul 13, 02:50:00 AM, Blogger why said...

Stuju banget ma komen trakhirnya deen buat chie -sambil mendelik ke arah deen sambil nanya 'lo nyindir gw?'-

Btw se sudah terlalu lama mi men-jomblo -walaupun sebagai low quality jomblo-, tapi mulai ma bosan, he3... -rindubelaiankasihsayang.com-

 
At Fri Jul 13, 02:59:00 AM, Blogger deen said...

@Dj wahyu : hehehe, tersinggung ki?.. :P, bagus mi pale, akhirnya ada yg tersinggung, ;))..hayuuu semua semangat pada usaha..!!!../*loh2..

 
At Fri Jul 13, 01:47:00 PM, Anonymous Anonymous said...

Didoain yaa biar dapet yang terbaik kelak jodohnya.
Kalopun nggak di dunia, semoga di akhirat Allah menyediakan yang terbaik :)
Qta mah yang penting usaha dan nggak keluar dari jalan-Nya, betuul?

 
At Fri Jul 13, 02:59:00 PM, Anonymous Anonymous said...

menikah atau menjomblo adalah pilihan, namun sering juga pilihan dikalahkan oleh takdir.

pertanyaan adalah apakah takdir kadang bisa dikalahkan oleh pilihan? tidak ada yang bisa menjawab, karena tidak ada yg pernah bisa melihat buku takdir.

apakah menikah akan menjauhkan diri dari-Nya, atau sebaliknya? ini sebagian besar tergantung kepada bagaimana kita melihatnya, bagaimana menyikapinya.

 
At Fri Jul 13, 07:17:00 PM, Blogger Blogger baru said...

Deen... Dengan menikah, qta dapat menggenapkan setengah dien qta. Dengan menikah insyaAllah pahala ibadah qta akan berlipat. Sama spt kata ipit 1+1=27
Gedhean mana antara 1 ma 27?
Gedhe 27 kan???

 
At Fri Jul 13, 07:22:00 PM, Blogger Blogger baru said...

Deen...coba buka situs ini
http://www.usahamulia.net/?pilih=lihatsyariah&id=4

 
At Sat Jul 14, 11:01:00 AM, Blogger - g0En pRaSt - said...

let see.....
liat aja, apa pendapat deen masih akan sama beberapa saat mendatang. tp yang pasti ketika suatu saat pandangan itu berubah, semoga itu masih dalam kerangka kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya.

kalo aku sih, pengin banget nikah...cm sampe sekarang lom ada yang mau aja...huehue...

bantuin dunks...(halah...)

 
At Sun Jul 15, 07:12:00 PM, Blogger deen said...

@pritha : betooll, thx yak buat doanya, teriring doa balesan dr deen, soooo... gmn nih kelanjutannya sama kk seniorku.. *wink* :D

@P'AroenBinang : Jika nikah itu dgn nikah dkatakan menyempurnakan dien, tentu lebih baek menikah ktimbang tidak, krn dgn nikahlah, seseorang punya peluang utk dekat padaNya, ibarat pintu sudah terbuka.. kita tinggal melangkah masuk.. :)

@Awe : Hehehe, jzklh we buat link artikelnya, tenang2..itu kan catatan setaon yg lalu, ;). Jd, we kapan nih, deen ngantri dbelakang awe loh :D, hehehe :P

@Goen : Ini lagi minta dibantuin, bantuin apa pak? dicariin?, kagak ada..kagak ada, deen duluan yak :D, goen ambil posisi, di belakang..ngantri..

 
At Mon Jul 16, 10:02:00 PM, Blogger Suwito said...

dengan menikah.. kita udah menjalankan separuh agama loh. Kalo memang belum siap, jangan ngomong Ngga mau nikah dong.
Keep spirit bro.

 
At Tue Jul 17, 03:01:00 AM, Blogger deen said...

@P'Suwito : InsyaAllah, opininya sudah berubah pak. :). Btw, sy bukan co, so plis jgn panggil deen bro donks.. hehehe. Eniwei thx buat nasehatnya..

 
At Tue Jul 17, 08:33:00 PM, Anonymous Anonymous said...

wah,, nikah,, *jd ksentil lg*
sama deen, glh jg lg nikmatin hidup sebagai single fighter *apasih*
yg pasti, kmauan nikah itu hrs ada!
biar kita bs dapet ponakan baru *lho?*
emmm,, cari pria yg sevisi sm deen aja yup dlm hidup ini, insyaAllah kl satu tujuan bahagia deh dunia akhirat,, sok tau ya.. hihi maap :P

 

Post a Comment

<< Home