Prens, deen dah pindah rumah loh, pindah ke http://deen.co.nr

Nilai Recehan

Beberapa keping uang 100-500 -an lagi-lagi ditemukan oleh Umiku. Ini sudah kali berapa Beliau mengeluhkan banyaknya recehan yg berseliweran dimana2, kadang ada di atas meja, di laci, di atas tv, bisa juga di kolong bed, dan beberapa sudut rumah kami. Dan biasanya yg menjadi tersangka utama adalah sy.

”Uang hilang kan bisa dicari Mi”, ujar sy untuk menenangkan kuda-kuda omelannya.

”100 perak pun sulit mencarinya nak, jangan dianggap remeh..”

Meski penghasilan gak banyak2 amat, tapi memang sulit sekali untuk ”rapih” dalam urusan tersebut. Rasanya sulit banget, memperhatikan recehan untuk ku atur dalam dompet, atau menaruhnya dalam sebuah kantung koin. Pernah suatu kali, mencoba telaten dengan menaruhnya di kantung, itu hanya bertahan sekian hari, buntut2nya yah tetep cuek, plus dengan kantungnya yg tidak tahu ada dimana sekarang.

Teringat dulu pernah melihat dari jauh seorang fakir yang mencongkel2 sekeping receh yang sudah hampir tenggelam ditelan aspal karena terinjak sana sini. Lama sy amati, dan begitu payah dia mencongkelnya dengan sebuah tangkai besi sambil berjongkok, sambil mawas jangan2 akan ada mobil yang melintas, sayang tak sempat sy lihat apakah kepingan itu benar menjadi rejekinya.

Tapi sy yakin, akan ada binar2 bahagia saat sekeping itu copot dari jalan dan masuk ke sakunya, entah perut siapa yg sedang menunggu untuk disusupi sepotong roti pagi itu.

Tiap pengamen jalan, demi recehanpun berani menantang kerasnya jalan, ada harapan-harapan untuk nafas selanjutnya saat kantung tagihnya bergemerincing karena seperak 2 perak recehan.

"Bahkan 100 perak pun bisa menyelamatkan angka sejuta.. "

Adakah sy lalai dari syukur itu?, memperhatikan hal2 kecil tapi manfaat itu?, mungkin penghasilan sy tak seberapa, tapi sudah cukup membuat sy congak pada hadirnya recehan2 tersebut. Padahal mudah sekali bagiNYA membalikkan keadaan, dimana sy akan benar2 diajarkan mengenai recehan2 tersebut. Sebagai pelajaran sekaligus ujian.

posted by deen @ 10:55 PM,

1 Comments:

At Sat Aug 16, 04:27:00 PM, Blogger adalah said...

y foto benderanya yach, thc u

 

Post a Comment

<< Home