Prens, deen dah pindah rumah loh, pindah ke http://deen.co.nr

Tak suka

“Aku benci mereka yg menyombong2kan kekayaannya. Aku benci mereka yang telah yang mensia-siakan pendidikan.”


Sy lupa bagaimana redaksi benernya, yg jelas quote di atas ada di novel Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata. Suatu ungkapan dari si ikal ketika menyadari bahwa ternyata pendidikan terkadang juga bisa berpihak. Dan dalam cerita, pendidikan tidak berpihak pada seorang Lintang yg memiliki kejeniusan yg amat sangat. Kemiskinan dan ketergantungan keluarga pada diri Lintang, tak mampu memerdekakan kaki-kakinya untuk berangkat ke sekolah.

Sy suka dengan quote tersebut, sy sadarin, sedikit banyak juga memicu emosi sy. Yah!, sy pun tak suka dengan mereka yg mensia-siakan pendidikan. Sy tak suka dengan pelajar yg kebanyakan banyak maennya, menjerumuskan kehidupan mereka dengan sikap hedonis, hura-hura. Menggunakan biaya pendidikan yg telah diamanahkan oleh ortu mereka untuk sekedar menghabiskan usia di bangku2 sekolah dan kuliah. Buku dan pena hanya aksesoris belaka.

Sy tak suka mereka yg ogah2an ketika menuntut ilmu, tak menyadari potensi diri lantas bersikap pasrah dan menyerah dengan menerima predikat sebagai pemalas nun bodoh.

Sy tak suka mereka yg tak sadar dengan karunia yg telah ALLAH beri, kebebasan untuk menggali ilmu dengan selapang2nya, kebebasan untuk menunjukkan jati dirinya sebagai makhluk yg cerdas lagi manfaat.

Sy bertambah tak suka, ketika kurang dari 1 menit, TV menayangkan berita telah rubuhnya sekolah di suatu daerah terpencil lalu beralih ke tayangan iklan sinetron anak SMU tajir yg doyan pacaran. Keironisan sedang ditunjukkan, namun tiada peka.

Sy tak suka dan takkan pernah suka..

posted by deen @ 1:14 PM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home